LCD dengan I2C Module untuk Arduino

DSC_0183

Inter Integrated Circuit atau sering disebut I2C adalah standar komunikasi serial dua arah menggunakan dua saluran yang didisain khusus untuk mengirim maupun menerima data. Sistem I2C terdiri dari saluran SCL (Serial Clock) dan SDA (Serial Data) yang membawa informasi data antara I2C dengan pengontrolnya. Piranti yang dihubungkan dengan sistem I2C Bus dapat dioperasikan sebagai Master dan Slave. Master adalah piranti yang memulai transfer data pada I2C Bus dengan membentuk sinyal Start, mengakhiri transfer data dengan membentuk sinyal Stop, dan membangkitkan sinyal clock. Slave adalah piranti yang dialamati master.

0000146_blue-backlight-2004a-lcd-module-i2c-interface.jpeg

LCD (Liquid Cristal Display) adalah salah satu jenis display elektronik yang dibuat dengan teknologi CMOS logic yang bekerja dengan tidak menghasilkan cahaya tetapi memantulkan cahaya yang ada di sekelilingnya terhadap front-lit atau mentransmisikan cahaya dari back-lit. LCD (Liquid Cristal Display) berfungsi sebagai penampil data baik dalam bentuk karakter, huruf, angka ataupun grafik.

0000144_blue-backlight-2004a-lcd-module-i2c-interface.jpeg

LCD adalah lapisan dari campuran organik antara lapisan kaca bening dengan elektroda transparan indium oksida dalam bentuk tampilan seven-segment dan lapisan elektroda pada kaca belakang. Ketika elektroda diaktifkan dengan medan listrik (tegangan), molekul organik yang panjang dan silindris menyesuaikan diri dengan elektroda dari segmen. Lapisan sandwich memiliki polarizer cahaya vertikal depan dan polarizer cahaya horisontal belakang yang diikuti dengan lapisan reflektor. Cahaya yang dipantulkan tidak dapat melewati molekul-molekul yang telah menyesuaikan diri dan segmen yang diaktifkan terlihat menjadi gelap dan membentuk karakter data yang ingin ditampilkan.

Untuk menghubungkanya dengan Arduino diperlukan modifikasi Library dari yang diberikan Arduino IDE .

Library dapat di download Disini

Cara memnggunakan I2C Module ini adalah dengan menempelkan I2C module ke LCD Module .

DSC_0145

Setelah itu Hubungkan :

GND – GND Arduino

VCC – VCC Arduino

SCL – A5 Arduino

SDA – A4 Arduino

Setelah itu lakukan Test dengan mengupload program yang terdapat pada Library .

Caranya buka Arduino IDE masuk Ke File – Examples – NewLiquidCrystal-HelloWordI2C

Compile dan Upload Program .

 

Sumber :

Mengenal Komunikasi I2C(Inter Integrated Circuit)

http://www.nexuscyber.com/blue-backlight-2004a-lcd-module-i2c-interface

https://arduino-info.wikispaces.com/LCD-Blue-I2C

Tinggalkan komentar